Minggu, 30 Oktober 2016

Perbedaan Jas dan Blazer

perbedaan jas dan blazer_PGS
Blazer dan jas merupakan dua jenis pakaian yang hampir mirip tapi tidak sama. Keduanya mempunyai model yang sama dan berfungsi sebagai pakaian luar (outwear). Tapi tidak semua orang tahu ada hal yang berbeda dari kedua jenis pakaian ini. Apa saja perbedaan Blazer dan Jas?

Asal
Jas berasal dari Eropa yang awalnya digunakan oleh pria Perancis sebagai pakaian resmi. Lambat laun masyarakat Inggris mulai mangadaptasi jas dari masyarakat Perancis dan mengembangkan tidak hanya untuk model jas pria melainkan juga model jas wanita.
Sedangkan blazer berasal dari negeri gingseng atau yang kita kenal dengan Korea Selatan. Awalnya blazer digunakan sebagai seragam sekolah di Korea Selatan. Seiring berjalannya waktu blazer di modifikasi lebih fashionable maka lahirlah Blazer pria dan Blazer wanita, seperti di drama-drama Korea. Karena boomingnya drama Korea di Indonesia, tren fashion blazer menjadi style fashion saat ini.
Ada cerita lain tentang asal mula blazer. Konon blazer merupakan bentuk dari rasa bosan dengan pakaian jas yang melahirkan kesan yang terlalu resmi dan kaku. Maka dibuatlah blazer sebagai perlawanan model kaku jas. Sehingga tak heran bila blazer hampir mirip dengan jas, karena pada dasarnya blazer adalah turunan dari jas. Demikian perbedaan Blazer dan jas dilihat dari asal mula perkembangannya.

Penggunaan
Jas dan blazer memang menampilkan kesan rapi pada penggunanya. Namun dilihat dari segi  penggunaan terdapat perbadaan antara Blazer dan jas. Jas merupakan pakaian yang cocok untuk menghadiri acara formal karena memiliki model yang kaku seperti rapat, bekerja, atau acara pernikahan. Sedangkan blazer bisa digunakan untuk acara formal maupun non-formal dan lebih fleksibel.  Bisa digunakan untuk bekerja, kuliah, acara wisuda, pernikahan , dan lain-lain.

Bentuk
Pada aspek bentuk dapat dilihat dengan jelas perbedaan Blazer dan jas, Jas merupakan atasan yang memiliki setelan (suit). Setelan ini terdiri dari kemeja, dasi, vest, celana dan jas yang memiliki warna dan motif yang senada. Bila dilihat dari baris kancing jas, terdapat dua jenis yaitu jas kancing sebaris (single breasted) dan jas kancing dua baris. Sedangkan blazer tidak memiliki setelan dan berdiri sendiri, sehingga bisa dipadukan dengan kemeja, kaos, celana chino, jeans atau busana yang lain.

Warna
Untuk warna sendiri terdapat perbedaan Blazer dan jas yang cukup mencolok, Jas memiliki warna yang cenderung netral, gelap, sederhana, dan elegan karena digunakan untuk acara resmi saja. Biasanya warna yang digunakan antara hitam, coklat, dan abu-abu. Lain halnya dengan warna blazer yang punya banyak variasi, mulai dari warna pastel, cerah, hingga warna yang gelap.

0 komentar:

Posting Komentar